Cara Memilih Hearing Aid yang Sesuai


Alat bantu dengar memang tak dapat mengembalikan pendengaran seseorang menjadi normal, namun alat ini mampu memperkuat penerimaan suara yang kurang jelas dan mengurangi suara bising di latar yang keras. Dengan begitu, Anda bisa mendengar dengan lebih baik. Hearing Aid Jakarta menyediakan alat bantu dengar dengan berbagai model.

Prinsip kerja dari alat ini, suara masuk melalui microphone yang kemudian diubah menjadi sinyal elektrik dan mengirimnya ke amplifier. Selanjutnya, amplifier bertugas meningkatkan kekuatan sinyal dan mengirim suara ke telinga melalui speaker.

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

1. Alat bantu dengar analog
Alat bantu dengar analog bekerja dengan cara mengubah suara menjadi sinyal elektrik yang diperkuat. Alat ini dibuat berdasarkan custom yang direkomendasikan audiolog atau dokter Anda.

2. Alat bantu dengar digital
Alat bantu dengar ini bekerja dengan cara mengubah suara menjadi kode numerik, seperti hlnya yang terdapat pada komputer sehingga dapat diprogram secara khusus, guna memperkuat frekuensi tertentu. 

Alat ini pun mudah diatur dan disesuaikan dengan lingkungan serta kebutuhan pengguna. Namun, sayangnya harga produk ini di toko alat bantu dengar lebih mahal dibanding tipe analog.

Jenis-Jenis Alat Bantu Dengar

1. Alat Bantu Dengar di dalam Telinga (in the ear/ITE)
ITE sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Jenis ini tidak dianjurkan bagi anak-anak karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga ukuran cuping telinganya terus berubah-ubah. 

2. Alat Bantu Dengar di Belakang Telinga (behind the ear/BTE)
BTE dipakai dengan cara mengaitkannya pada bagian atas cuping telinga dan bagian belakang telinga. Terdapat sebuah tabung kecil sebagai penghubung penerima suara di dalam liang telinga atau disebut earmod. BTE sangat cocok untuk berbagai tingkat gangguan pendengaran pada semua usia. 

3. Speaker/Receiver di dalam Telinga atau Liang Telinga (receiver in canal/RIC dan receiver in the ear/RITE)
Jenis yang satu ini bentuknya hampir mirip dengan BTE. Bedanya, BTE menggunakan tabung kecil sedangkan jenis ini menggunakan kabel kecil. 

4. Alat Bantu Dengar di dalam liang telinga (in the canal/ITC)
Jenis ini sangat sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga sedang pada orang dewasa. ITC bisa dibuat berdasarkan pesanan. Bentuknya memenuhi sebagian liang telinga. 

5. Alat Bantu Dengar sepenuhnya di dalam liang telinga (completely in the canal/CIC)
CIC dibentuk agar bisa dimasukkan ke liang telinga. Penggunaannya ITC ditujukan untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga menengah (orang dewasa).

Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar