Tahukah Anda? Kipas Angin AC ini Berasal dari Indonesia


Belakangan ini penggunaan kipas angin AC sedang naik daun di Indonesia. Kemampuannya yang lebih baik dari kipas angin biasa, membuat alat ini banyak diminati oleh masyakat pengguna alat pendingin ruangan. Harganya yang murah, konsumsi daya listrik yang sedikit, serta tingkat mobilitas yang tinggi, membuat alat ini mampu menarik hati para pengguna alat pendingin di banding air conditioner.

Banyaknya peminat dari kipas angin AC membuat banyak perusahaan yang turut meramaikan pasar dengan menjual alat pendingin ini. Tidak hanya perusahaan yang berasal dari luar negeri, kini ada pula perusahaan lokal yang turut memproduksi kipas angin AC yaitu Sanken.

Sejarah Singkat Sanken
Sanken merupakan perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga lokal yang telah berdiri sejak tahun 1955. Berbasis di Jakarta, Sanken menyediakan produk-produk peralatan rumah tangga inovatif dan modern dengan teknologi yang terbaru. 

Kipas Angin AC dari Sanken SAC-35
Hingga saat ini, Sanken memiliki banyak sekali produk elektronik dan peralatan rumah tangga. Produk-produk Sanken adalah dispenser air, mesin cuci, lemari es, pendingin minuman & kotak pendingin, televisi LED & tabung, pendingin ruangan, penyejuk udara, pembersih udara, pemanas air tenaga tata surya, filter air dan reverse osmosis (RO), penanak nasi, kompor gas, setrika listrik, kipas angin, DVD player dan speaker aktif.

Semua produk yang tersebut di atas, diproduksi oleh Sanken pada tanah seluas 12 hektar di daerah Curug Banten, Jawa Barat. Produk Sanken ini kemudian didistribusikan hingga tahap Nasional. Saat ini, Sanken telah memiliki 24 cabang yang telah tersebar di seluruh Nusantara.

Produk Kipas Angin AC Sanken
Sanken memiliki 4 produk kipas angin AC. Berikut penjelasan fitur dan spesifikasi dari produk tersebut:

1. SAC-35
Produk ini memiliki 3 pengaturan kecepatan. Dilengkapi oleh Ion Air membuat udara yang dihasilkan oleh alat pendingin ini terbebas dari kuman dan bakteri. Fitur selanjutnya, kipas angin AC dari sanken ini memiliki jangkauan hembusan angin yang lebih luas. Anda juga dapat mengatur lama waktu pemakaian, yaitu 1, 2 atau 3 jam (timer). 

Produk ini memiliki warna abu tua. Alat ini memiliki kecepatan aliran udara 300  /h dengan kelembapan 700 ml/h. Kapasitas penampungan air pada tangki adalah 5.5 liter. Dilengkapi oleh 4 ice pack membuat alat ini dapat menghasilkan udara yang lebih dingin.

Ukuran dari alat ini 303 x 300 x 740 mm. Alat ini memerlukan tegangan listrik sebesar 220-240 V dengan konsumsi daya yang hanya 50 Watt. Berat yang hanya 6.7 Kg membuat alat ini mudah untuk dipindahkan. 

2. SAC-38
Produk ini memiliki warna putih hitam dengan ukuran 300 x 300 x 740 mm. Berat bersih dari alat ini adalah 6.2 kg. Kapasitas tangki dari alat ini adalah 6 liter. Kipas angin AC dari Sanken ini membutuhkan daya 220 V dengan konsumsi daya yang hanya 69 Watt saja. 

Fitur yang ada pada Kipas Angin Sanken ini hampir sama dengan produk SAC-35. Perbedaannya terletak pada kemampuan diagnosa yang membuat alat ini mati ketika tangki dalam keadaan hampir habis. Perbedaan lainnya, alat ini dilengkapi oleh remote control sehingga Anda dapat mempermudah melakukan pengaturannya.

3. SAC-55
Produk ini memiliki warna silver. Fitur yang ada pada alat ini hampir sama dengan SAC-38. Letak perbedaanya dengan SAC-38 adalah pada segi ukuran yang dimana alat ini lebih besar bentuknya yaitu 410 x 320 x 750 mm. 

Perbedaan lainnya yaitu pada segi konsumsi daya serta kemampuan aliran dan kelembapan udara yang dihasilkan. Alat ini mengkonsumsi daya sebesar 55 Watt. Aliran udara yang mampu dihasilkan oleh alat ini adalah 380  /h dengan tingkat kelembapan 800 ml/h.

4. SAC-58
Produk pendingin dari Sanken ini memiliki warna putih. Fitur yang dimilikinya hampir sama dengan SAC-35. Perbedaanya hanya terletak pada spesifikasinya saja yaitu ukuran, berat, konsumsi listrik dan kapasitas tangki air. Alat ini memiliki ukuran 37.5 x 33 x 72.5 mm dengan berat 6.4 kg dan kapasitas tangki sebesar 8 liter. Konsumsi listrik yang hanya 45 watt saja membuat alat ini lebih irit daripada seri SAC-35. 

Itulah beberapa produk kipas angin AC Sanken yang berasal dari Indonesia. Sudah selayaknya kita bangga dan mencintai produk buatan lokal. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan memajukan negeri tercinta ini?

Share on Google Plus

About Admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar